Deklarasi pada Konferensi Stockholm Tahun 1972 menandai dialog pertama yang membahas pertumbuhan ekonomi, pengendalian pencemaran, dan kelangsungan hidup manusia di seluruh dunia sekaligus menandai ditetapkannya tanggal 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Upaya pemenuhan lingkungan hidup yang baik dan sehat harus diselenggarakan melalui komitmen bersama dan pencapaiannya digerakan oleh seluruh pihak. Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia akan mengusung tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsistem oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusvitas.

Momentum tersebut menjadi latar belakang diselenggarakannya Sarasehan Hybrid dengan tema “Refleksi Setengah Abad Pengelolaan Lingkungan Hidup di Lingkungan Hidup Indonesia”, hasil kerjasama antara Program Studi Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan (PEPSILI), Ikatan Ahli Lingkungan Hidup Indonesia (IALHI), Perkumpulan Profesional Lingkungan Hidup, dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI).

Acara yang digelar tanggal 08 Juni 2024 tersebut dilaksanakan secara daring (zoom dan kanal Youtube) dan luring. Dalam acara yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Drs. Eko Haryono, M.Si. yang sekaligus sebagai Ketua Prodi Ilmu Lingkungan Pascasarjana UGM, hadir beberapa pembicara:
1. Dr. Tasdiyanto Rohadi, S.P., M.Si., C.EIA. (Staff Ahli Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia)
2. Prof. Dr. Prabang Setyono, M.Si., C.EIA., Ir., IPM. (Ketua Ikatan Ahli Lingkungan Hidup Indonesia)
3. Nurcholis, S.Fil., M.Hum. (Dewan WALHI Yogyakarta)
4. Akbar Himawan Buchari (Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia)
5. Januardi Husin (Pimpinan AJI Yogyakarta)
6. Dr. Drs. Suyud Warno Utomo, M.Si. (Ketua Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan)
7. Prof. Dr. Anwar Daud, SKM., M.Kes., EHS, C.EIA (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makasar)
8. HM. Nasrudin Anshory Ch. (Budayawan)


Categories:

Tags:

Comments are closed

Developed by Aru Dewangga, S.Si., M.Si.